Mengenal Ektensi Internet, Domain, LINK dan URL

Mengenal Ektensi Internet, Domain, LINK dan URL

Pengertian Link dan URL

Link (atau disebut juga hyperlink) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertex) ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti hal nya suatu kutipan di dalam literatur, dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan. Pengertian Link atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan tautan adalah tulisan atau gambar yang apabila di klik akan menuju halaman tertentu sesuai dengan yang di tentukan oleh pembuat link, sedangkan URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

Sederhananya:
Link adalah tulisan atau gambar yang apabila di klik akan menuju halaman tertentu.
URL/Uniform Resource Locator adalah rangkaian karakter yang digunakan untuk menunjukan alamat konten di internet.

Pengertian Domain

Apa sih domain itu? Nama domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer atau pun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server.

Ekstensi Domain Internet

Didalam domain ada namanya domain-extension, dari www domain com yang disebut ekstensi itu adalah dot COMnya. Ekstensi Terpopuler Adalah .COM, karena alasan .com lebih mudah diingat dan bersahabat makanya banyak yang menggunakan .com.

Ekstensi Domain terbagi dalam 3 jenis:

Country code top-level domains (ccTLD)
Dipergunakan untuk kode negara atau wilayah dependensi. Terdiri dari 2 huruf, misalnya .id untuk Indonesia, .us (United States), .jp untuk japan, dll.

Global Top-Level Domains (gTLD)
Dipergunakan oleh macam-macam organisasi (sebagai contoh .com untuk organisasi komersial). Domain ini terdiri dari 3 huruf atau lebih. Sebagian besar gTLD tersedia untuk dapat digunakan secara luas, tetapi untuk alasan historis, .mil (militer Amerika Serikat) dan .gov (Pemerintahan Federal Amerika Serikat) dibatasi dan hanya dapat digunakan oleh kedua otoritas tersebut. Domain-domain dalam gTLD disubklasifikasikan ke dalam ranah yang disponsori (sponsored top-level domains (sTLD)), misalnya .aero, .coop dan .museum, dan ranah yang tidak disponsori (unsponsored top-level domains (uTLD)), misalnya .biz, .info, .name dan .pro. Sekarang juga banyak bertebaran domain baru seperti .club, .website, .band, .ninja, dan banyak lagi.

Infrastructure top-level domains
Satu-satunya yang diterima adalah .arpa. Sementara domain .root ada tapi tanpa kejelasan mengenai untuk apa keberadaannya.

Beberapa nama domain lokal

.go.id: untuk organisasi kepemerintahan di Indonesia
.mil.id: penggunaan secara khusus oleh militer Indonesia
.co.id: bagi perusahaan atau lembaga komersial Indonesia
.or.id: untuk organisasi nirlaba Indonesia
.web.id: didesignasi untuk badan informal maupun pribadi warga indonesia
.my.id: untuk badan informal maupun pribadi warga indonesia
.net.id: untuk organisasi / ranah umum untuk situs Internet Indonesia
.war.net.id: diperuntukkan warnet (warung Internet)
.sch.id: ranah khusus untuk lembaga sekolah di Indonesia
.ac.id: diperuntukkan bagi lembaga akademik (universitas, Akademi, Sekolah Tinggi) di Indonesia
.desa.id: untuk situs Desa di Indonesia

Ranah internet teratas

Dot COM
com (commercial) dot COM adalah ranah internet tingkat teratas (TLD) yang dipakai sebagai nama domain Internet. .com adalah salah satu dari TLD pertama yang ada di dunia. .com diresmikan tahun 1986 dan menjadi domain terbesar dan domain yang sering dipakai di seantero dunia. Pertama kali diadministrasi oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebelum pada tahun 1993 dialihkan kepada NSF. Pada tahun 1995, NSF dan Network Solution meresmikan tarif untuk domain .com yaitu sebesar 50 dolar per tahun, 35 dolar untuk NSI dan 15 dolar untuk pemerintah. Sekarang domain .com dikelola oleh VeriSign.

Dot NET
Nama domain .net adalah ranah internet tingkat teratas (TLD) yang digunakan dalam Sistem Penamaan Domain Internet. Nama .net diambil dari kata network (jaringan) menunjukkan tujuan domain ini adalah untuk organisasi yang bergerak dalam teknologi jaringan, seperti penyelenggara jasa Internet serta perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur lainnya. Namun tidak ada larangan penggunaan domain ini untuk tujuan yang lain. Domain ini masih populer pada operator jaringan, dan sering digunakan sebagai alternatif untuk .com.

Dot ORG
.org adalah ranah internet tingkat teratas (TLD) yang digunakan dalam Sistem Penamaan Domain Internet. Nama .org merupakan kependekan dari organisasi. Domain ini dibuka pada tahun 1985. Pada awalnya domain ini ditujukan untuk organisasi non profit, namun belakangan ini banyak juga digunakan oleh sekolah, situs personal, projek open-source, kadang untuk perusahaan komersial. Penggunaan domain .org meningkat tajam, pada tahun 1990-an kurang dari satu juta pengguna, sampai bulan Juni 2012 sudah lebih dar sepuluh juta pengguna.

Dot ID
Sekedar tambahan, masih bisa dibilang baru, ini bukan termasuk terpopuler, tapi ini adalah domain internet Indonesia. .id adalah top-level domain kode negara Internet untuk Indonesia. Sejak 1 September 2005, domain .id dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia. Sebelumnya domain .id dikelola melalui kerjasama antara Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan pengelola domain .id (ccTLD-ID). Mulai 1 Mei 2007 pengelolaan domain .id sepenuhnya berada di tangan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia, sebuah organisasi nirlaba yang dibentuk komunitas teknologi informasi di Indonesia.

Source: wikipedia.org
             blog-id.com

0 Response to "Mengenal Ektensi Internet, Domain, LINK dan URL"

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...