Cara Backup MEID dan IMEI Menggunakan TWRP


Cara Backup MEID dan IMEI Menggunakan TWRP

Berikut adalah cara backup MEID IMEI lewat TWRP recovery, yang berguna agar jika terjadi softbrick atau hardbrick ketika memodifikasi system, lalu memperbaikinya dengan menggunakan flash raw image ponsel lain Anda tidak akan kehilangan MEID dan IMEI.

Apa itu MEID dan IMEI? MEID (Mobile Equipment Identifier) dan IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah kode unik yang digunakan oleh produsen untuk mengidentifikasi setiap perangkat. Setiap perangkat umumnya akan memiliki satu MEID, IMEI, atau ESN (Electronic Serial Number).

Untuk mengidentifikasi perangkat Android, Anda dapat menemukannya melalui pengaturan : Pengaturan> Tentang ponsel> Identitas ponsel | Status> MEID IMEI (atau yang serupa).

Jika MEID IMEI hilang (null), maka ponsel tidak bisa digunakan untuk nelpon, sms, maupun internetan. Meski begitu, ada rom khusus hasil modifikasi yang dapat digunakan pada ponsel dengan kondisi IMEI hilang, namun fungsi telpon, sms, dan internet tetap berjalan.

Langkah-langkah Backup MEID dan IMEI Menggunakan TWRP

- Gunakan TWRP versi 3.0 ke atas yang sudah support opsi backup MEID IMEI.

- Matikan ponsel untuk masuk ke mode TWRP dengan menekan tombol power dan volume down (-) bersamaan. Bisa juga dengan menggunakan aplikasi Rashr (atau yang sejenis) lalu pilih Reboot Recovery.

- Pada menu Backup, centang partisi EFS.

- Swipe untuk memulai proses backup.

- Selesai.

Untuk me-restore, caranya seperti restore backup biasa, dengan centang partisi EFS. Pada proses restore sesuaikan kondisi ponsel seperti waktu backup dibuat, baik itu base rom ataupun rom yang digunakan. Sebagai contoh, backup dibuat pada base 5.1 harus dipakai juga dibase 5.1 dan tidak dianjurkan direstore kebase 5.0.

0 Response to "Cara Backup MEID dan IMEI Menggunakan TWRP"

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...