Keindahan Orion Nebula Hasil Bidikan Teleskop Hubble


Orion Nebula seperti yang terlihat dari hasil bidikan teleskop hubble pada gambar diatas, Nebula adalah awan kosmik yang terbuat dari debu dan hidrogen serta unsur-unsur lain yang terkandung didalamnya, dengan luas ribuan galaksi.

Keindahan Orion Nebula Hasil Bidikan Teleskop Hubble

Pertama kali dirilis pada tahun 2006, gambar bidikan Hubble yang tajam ini populer dalam mengungkapkan keberadaan Orion Nebula.

Gambar ini menawarkan pemandangan dari debu dan gas yang bergolak di mana ribuan bintang yang membentuk nebula. Gambar yang diambil oleh Kamera untuk Survei (Advanced Camera for Surveys) NASA / ESA Hubble Space Telescope, mewakili pandangan tajam yang pernah diambil dari wilayah ini, yang disebut Orion Nebula. Lebih dari 3.000 bintang dengan berbagai ukuran tampak dalam gambar ini yang berada dalam lanskap debu dan gas. Beberapa diantaranya belum pernah terlihat dalam cahaya tampak.

Orion Nebula adalah buku gambar pembentukan bintang, dari yang besar, bintang-bintang muda yang membentuk nebula ke pilar gas padat yang mungkin menjadi rumah tunas bintang. Wilayah tengah yang cerah adalah rumah dari empat bintang heftiest di nebula. Bintang-bintang itu disebut Trapezium karena terbentuk dalam pola trapesium. Sinar ultraviolet yang disebabkan oleh bintang-bintang ini membuat ukiran rongga di nebula dan mengganggu pertumbuhan ratusan bintang yang lebih kecil. Terletak di dekat bintang-bintang Trapezium adalah bintang yang masih cukup muda untuk memiliki bahan cakram yang mengelilingi mereka. Cakram ini disebut disk protoplanet atau "proplyds" dan terlalu kecil untuk dilihat dengan jelas dalam gambar ini. Cakram/disk adalah blok bangunan dari sistem tata surya.

Sourcer: Hubble Space Telescope

Image: NASA, ESA, Hubble Space Telescope Orion Treasury Project Team

0 Response to "Keindahan Orion Nebula Hasil Bidikan Teleskop Hubble"

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...