Cara Memilih Power Bank yang Sesuai dengan Kebutuhan Gadget/Smartphone


Cara Memilih Power Bank yang Sesuai dengan Kebutuhan Gadget/Smartphone

Power Bank atau backup battery, biasa juga dikenal sebagai portable charger yang berfungsi untuk mengisi daya baterai gadget/hp dimanapun dan kapanpun. Dengan power bank kita tidak perlu takut kehabisan baterai dijalan, sehingga akan lebih bebas dalam menggunakan gadget/ponsel.

Dipasaran, telah banyak merek power bank yang beredar, namun hanya sedikit yang bisa memberikan jaminan keamanan untuk handphone/gadget.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih power bank:

1. Pilihlah power bank yang sudah punya nama (dimata international) dan dijamin dengan garansi minimal 1 tahun, bayar sedikit mahal namun gadget kita aman.

Biasanya orang membeli power bank karena tergiur dengan kapasitas yang besar dan harga murah.
Padahal tidak semua power bank yang beredar di pasaran memiliki standar kualitas yang baik, banyak yang beredar dengan menggunakan baterai 2nd (baterai bekas) demi mengejar harga yang murah maupun demi mengejar keuntungan semata.

2. Pilihlah power bank yang sesuai dengan kebutuhan keseharian Anda, jika hanya membutuhkan daya tambahan 2000 mAh dalam sehari, pilihlah power bank dengan kapasitas 2600mAh.

Dalam memilih power bank jangan hanya berdasarkan pada kapasitas yang besar. Tujuan dari membeli power bank adalah agar mudah dibawa kemana mana, jangan sampai menjadi beban bawaan anda.

3. CELL batre dalam power bank sangat menentukan umur dari power bank itu sendiri, maka pilihlah Japan CELL. Japan CELL terkenal dengan kualitas yang terjamin, contohnya SANYO.

Banyak pengguna yang hanya memilih power bank berdasarkan merek yang sudah dahulu beredar atau dengan harga yang murah tanpa memperhitungkan CELL baterai di dalamnya.

4. Gunakan kabel data original bawaan gadget/handphone, karena lebih terjamin kualitasnya (arus yang dialirkan lebih stabil) serta aman untuk gadget/handphone.

Hal ini cukup penting, namun seringkali diabaikan oleh pengguna power bank, banyak power bank yang menawarkan berbagai macam konektor namun tidak disertai dengan standar kualitas yang baik, sehingga dapat menyebabkan arus pendek dan membahayakan gadget.

5. Jangan memilih power bank hanya berdasarkan banyaknya konektor yang ditawarkan. Banyak pengguna yang mengambil keputusan membeli power bank hanya mempertimbangkan banyak atau lengkap tidaknya konektor yang diberikan oleh merek tersebut.

Tidak semua power bank dapat di charge menggunakan konektor original bawaan gadget/handphone, ada baiknya tanyakan dahulu kepada sales yang menjual "apakah power bank tersebut support untuk charging menggunakan kabel data original bawaan ponsel. Jadi jangan sampai gadget kita dipaksa charging menggunakan kabel konektor bawaan power bank, apalagi jika power bank tersebut tidak menyediakan fitur-fitur kemananan.

6. Pilihlah power bank yang memiliki fitur kemanan beragam. Pengguna seringkali menganggap bahwa power bank hanyalah sebuah alat untuk menyalurkan daya ke gadget/ponsel, sehingga tidak memikirkan fitur-fitur keamanannya.

Fitur-fitur power bank sangat penting untuk keamanan gadget, sebaiknya pilihlah power bank yang memiliki fitur kemanan beragam. Sebagai contoh:

Short circuit protection: yang berguna untuk melindungi gadget/ponsel jika terjadi arus pendek, sehingga jika terjadi arus pendek, baik power bank maupun gadget terhindar dari kerusakan, maka dari itu disarankan untuk menggunakan kabel data bawaan/original handphone.

Over charging protection: berguna melindungi gadget dari kerusakan apabila gadget/ponsel di charge terlalu lama. fitur ini akan otomatis mematikan arus listrik jika baterai gadget sudah terisi penuh.

Temperature protection: fitur ini akan mendeteksi adanya panas yang berlebih pada saat pengisian batre.

7. Pilihlah power bank yang menjanjikan output real, sehingga proses charging lebih cepat dan maksimal.

Fitur ini sebenarnya cukup penting, namun banyak pengguna yang mengabaikan dan banyak merek power bank yang arus outputnya tidak real (merek yang banyak dipakai belum tentu menjamin output yang real), sehingga proses charging menjadi lama.

8. Pilihlah power bank yang sudah mendapatkan UL certification (standar kualitas power bank, dijamin)

0 Response to "Cara Memilih Power Bank yang Sesuai dengan Kebutuhan Gadget/Smartphone"

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...