Arduino Tian, dengan Prosesor 32-bit ARM IoT SBC Menjalankan OpenWrt-Berbasis Linux OS


Arduino Tian, dengan Prosesor 32-bit ARM IoT SBC Menjalankan OpenWrt-Berbasis Linux OS

Sepertinya 2016 akan menjadi tahun komputer single-board, karena semakin banyak perusahaan yang membangun segala macam board mengagumkan yang terinspirasi oleh Raspberry Pi.

Arduino Tian adalah SBC (single-board komputer) yang tampaknya akan menjadi tambahan terbaru untuk pengembangan seri Arduino-board. Papan sirkuit ini telah dirancang dari offset untuk menjadi otak dalam berbagai proyek IOT (Internet of Things), tetapi juga dapat diaplikasikan dalam robotika, otomatisasi, dan bahkan perangkat wearable.

Seperti diketahui bahwa Arduino adalah IDE open source (Integrated Development Environment) yang dapat digunakan untuk membangun proyek-proyek elektronik. Setiap pengembang Arduino harus memiliki papan sirkuit fisik programmable dan software Arduino Studio untuk memulai proyek-proyek dengan Arduino.

Arduino terdiri dari programmable circuit board fisik dan lingkungan pengembangan, atau IDE yang berjalan pada komputer, digunakan untuk menulis dan meng-upload kode komputer ke papan sikuit/board. Produk Arduino dibagi dalam kategori yang berbeda: Board, Shield, Kit dan Aksesoris.

Arduino Tian, dengan Prosesor 32-bit ARM IoT SBC Menjalankan OpenWrt-Berbasis Linux OS

Spesifikasi teknis dari Arduino Tian

Spesifikasi teknis dari Arduino Tian cukup mengesankan, circuit board ini datang dengan built-in modul Wi-Fi, 32-bit ARM Cortex M0 Core, mikrokontroler ARM ATSAMD21G18, Linux prosesor berjalan pada 560 MHz Qualcomm Atheros AR9342 74Kc MIPS, dan non-removable flash memori 4GB eMMC.

Selain itu, boar ini juga datang dengan RAM 64MB DDR2, 32 KB SRAM, 20 digital I/O pin dengan 12 UART dan PWM, 6 pin input analog dengan saluran ADC 12-bit, satu pin output analog dengan 10-bit DAC, 256 KB Flash memori, Bluetooth 4.0 dengan EDR/BLE, dan tentu saja ada IEEE802.11n 2x2 2,4/5 GHz dual-band modul wi-Fi.

Yang terbaik dari semuanya, Arduino Tian menjalankan sistem operasi berbasis kernel LininoOS Linux, yang tampaknya didasarkan pada OpenWRT, GNU/Linux OS yang dirancang untuk perangkat tertanam/embedded devices, seperti router dan gateway, dan mendukung software Arduino Studio terbaru untuk sistem operasi GNU/Linux, Mac OS X dan Microsoft Windows.

Untuk Anda yang berminat dengan perangkat ini dapat memesan board Arduino Tian di situs resminya.

0 Response to "Arduino Tian, dengan Prosesor 32-bit ARM IoT SBC Menjalankan OpenWrt-Berbasis Linux OS"

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...