Fitur-fitur Baru pada Android 6.0 Marshmallow

Fitur-fitur Baru pada Android 6.0 Marshmallow

Misteri Android M akhirnya terungkap setelah Google resmi mengumumkan nama untuk Android M. Google telah mengkonfirmasi bahwa Android versi 6.0 adalah Android Masrshmallow. Versi ketiga dan terakhir dari developer preview Android M juga telah dirilis, bersamaan dengan Android 6.0 SDK.

Fitur Android 6.0 Marshmallow tidak banyak perubahan, dibandingkan dengan update pratinjau pengembang sebelumnya, namun Anda akan menemukan beberapa tambahan pembaruan API. Dua perubahan yang paling signifikan adalah kontrol izin pengguna aplikasi dan perubahan versi API ke level API 23, dimana API 23 memperkenalkan dukungan pindai sidik jari untuk keamanan Android 6.0. Android Marshamallow juga dibekali dengan dukungan untuk USB tipe C.

Berikut adalah fitur-fitur baru pada Android 6.0 Marshmallow :

User Interface:
Fitur-fitur pada Android 6.0 antara lain berupa penguatan sistem keamanan, sehingga pengguna bisa memilih untuk menolak atau menerima permintaan akses keamanan dari aplikasi yang dipasang ke perangkatnya. Aplikasi yang sudah dipasang di ponsel tidak akan bisa sembarangan mengambil informasi lokasi atau kamera, tanpa mendapatkan izin terlebih dulu.

Fingerprint API:
Memungkinkan pelaporan yang lebih baik dan pengalaman pendaftaran sidik jari lebih baik plus dukungan pencacahan untuk kehandalan yang lebih baik.

Visual Voicemail:
Informasi yang didapat dari Android Developer telah mengindikasikan bahwa Android M akan mencakup layanan Visual Voicemail yang dapat diakses langsung dari dialer. Menurut sebuah laporan oleh Android Police, tampak bahwa T-Mobile dan Orange Perancis akan menjadi satu-satunya yang mendukung fungsi ini, dan operator lain mungkin akan mengikuti. Apa itu visual voicemail? pada dasarnya visual voicemail menyajikan pesan suara dengan antarmuka visual, tidak seperti pengaturan audio seperti di smartphone Android saat ini - di mana Anda menelepon operator dan mendengarkan instruksi. Meskipun fungsi ini mungkin tampak seperti tambahan kecil, fitur ini membutuhkan kerjasama dari operator.

App drawer telah diperbaiki:
Ketika kita memuji Google untuk mencoba hal baru, vertical-scrolling app drawer, Pembagi abjad pada ruang kiri dan ruang kanan pada beberapa bagian adalah ide yang buruk. Android M telah menghilangkan fitur ini dan membuat lebih cepat untuk me-navigasi karena Anda memiliki ikon aplikasi di layar, sekalipun dalam mode vertikal.

Delete Screenshots:
Versi kedua dari Android M Developer menambahkan opsi menghapus untuk preview screenshot di bawah dari pusat notifikasi. Sebelumnya Anda hanya memiliki pilihan untuk berbagi screenshot dari pusat notifikasi. Sekarang Anda dapat menghapusnya juga.

Remove status bar icons:
Ini mungkin fitur baru favorit: matikan ikon aktif yang anda lihat di status bar. Misalnya, Anda sedang mengaktifkan Bluetooth dan tidak ingin menampilkan nya di bar status Anda, sekarang Anda dapat menghapusnya. Hal yang sama berlaku untuk Cast, hotspot, Do Not Disturb, set alarm, Work Profile, Wi-Fi, Cellular Data dan banyak lagi.
Fitur ini tersedia dalam Sistem UI Tuner, yang perlu diaktifkan pada Developer Options (untuk mengaktifkan nya, pergi ke Settings> About Phone dan tekan sebanyak tujuh kali, Sekarang Anda akan melihat Developer Options di bagian bawah Pengaturan menu.)

RAM Manager:
Fitur ini mungkin akan menyebabkan lebih banyak orang untuk menjadi akrab dengan apa yang disebut "manajemen RAM". Ini dapat membantu pengguna mengetahui aplikasi mana yang paling banyak makan memori dan paling sering diakses. Dengan begitu pengguna tak perlu lagi menghapus seluruh aplikasi yang berjalan di recent apps, untuk membuat RAM lebih lega.

Network Settings Reset option:
Opsi Tersembunyi di Backup dan Reset adalah fitur baru yang disebut Network Settings Reset. Hal ini memungkinkan Anda langsung menghapus semua pengaturan jaringan, termasuk koneksi Wi-Fi, data seluler dan koneksi Bluetooth.

Storage telah di makeover:
Penyimpanan internal selalu menjadi masalah bagi pengguna smartphone. Bahkan dengan ekspansi microSD dan USB On The Go (OTG) Anda selalu mengawasi ruang penyimpanan yang tersedia. Versi baru dari Android M memperkenalkan garis bar sederhana yang menunjukkan berapa banyak ruang yang Anda miliki di perangkat Anda dengan rincian yang digunakan penyimpanan internal.

Auto Backup:
Berkat fitur ini pengguna tak perlu lagi repot-repot menginstal aplikasi yang dibutuhkan dan mengesetnya satu-persatu ketika memakai ponsel baru. Secara otomatis Android Marsmallow bisa mem-backup aplikasi yang dipakai pengguna di ponsel sebelumnya ke Google Drive, asalkan ukuran filenya tak lebih dari 25 MB.

Chrome Custom Tabs:
Google juga memperbarui peramban Chrome dengan fitur bernama Custom Tabs. Fitur ini berguna agar pengembang aplikasi bisa menyematkan halaman web dalam aplikasi mereka.

Power Saving:
Meski terdengar biasa saja mengingat sudah banyak produsen yang menghadirkan fitur Power Saving pada ponsel. Tapi Power Saving di Android Marsmallow mungkin sedikit lebih baik, karena bisa mengetahui kalau ponsel sudah terlalu lama idle, maka fitur ini akan mematikan aplikasi yang berjalan di background untuk menghemat penggunaan baterai.

Fungsi rotasi layar:
Fitur mengejutkan lainnya yang sedikit terlambat release di Android, yaitu fungsi rotasi layar untuk homescreen dan membuat penampilan android lebih simple. Sekarang Anda dapat menggunakan tema dalam mode landscape dalam aplikasi dan layar awal.

0 Response to "Fitur-fitur Baru pada Android 6.0 Marshmallow"

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...