10 Situs Terbaik Untuk Belajar Koding Pemrograman Online

Remaja dan anak-anak jaman sekarang telah akrab dengan dunia digital, tumbuh dengan internet, smartphone, dan tablet. Mereka luar biasa mahir berinteraksi dengan teknologi digital. Tapi mungkin kebanyakan dari mereka hanya menggunakannya untuk chatting dan bermain game, dan tidak benar-benar mahir dengan dunia digital yang sesungguhnya.

10 Situs Terbaik Untuk Belajar Koding Pemrograman Online

Kemahiran bukan datang melalui berinteraksi dengan teknologi baru, tetapi melalui menciptakannya. Yang pertama adalah seperti membaca, sedangkan yang kedua adalah seperti menulis. Ini adalah sebuah kiasan - yang berarti menciptakan teknologi/program baru, seperti menulis buku, membutuhkan ekspresi kreatif - tetapi secara harfiah adalah: untuk membuat program komputer baru, kita benar-benar harus menulis kode.

Intinya adalah bukan untuk menciptakan generasi programmer, tetapi koding adalah pintu gerbang ke pembelajaran yang lebih luas. Ketika kita belajar membaca, maka kita dapat membaca untuk belajar. Dan sama halnya dengan koding: Jika kita belajar untuk koding (pemrograman), kita dapat koding untuk belajar. Belajar koding berarti belajar bagaimana untuk berpikir kreatif, sistematis dan bekerja sama. Dan keterampilan ini berlaku untuk profesi apa pun - serta dapat mengekspresikan diri dalam kehidupan pribadi.

Sudah lewat masa-masa dimana bahasa pemrograman hanya bisa dikuasai programmer seperti Bill Gates, yang kemudian mendominasi dunia. Sekarang semua orang memiliki potensi dan kesempatan yang sama untuk belajar dan bahkan menguasai bahasa pemrograman dengan mudah. Di bawah ini, dapat Anda temukan 10 tempat untuk dapat belajar koding secara online, salah satunya adalah tempat vaforit saya untuk menyalurkan hoby ngoding, meskipun saya sendiri bukan lah seorang programmer :).

1. Codecademy

Codecademy adalah situs paling terkenal untuk belajar koding secara interaktif, berkat bantuan antarmuka dan program yang terstruktur dengan baik. Di situs ini Anda dapat mengambil pelajaran menulis program sederhana dalam JavaScript, HTML, CSS, PHP, Python, Ruby, dan API.

2. Udacity

Udacity adalah salah satu dari banyak situs yang membuat program kuliah-termasuk Pengantar Ilmu Komputer-tersedia secara online dan gratis. Udacity menyatukan wawasan, video kuliah, dan kuis interaktif, sehingga ideal bagi mereka yang tidak suka membaca tetapi lebih suka mendapatkan penjelasan dari para profesional seperti karyawan Google.

3. Code Avengers

Kode Avengers dirancang untuk membuat Anda menyukai pemrograman. Meskipun saat ini hanya menawarkan pemrograman untuk HTML5, CSS3 dan JavaScript saja. Masing-masing kursus dirancang dengan hati-hati untuk benar-benar menghibur Anda dalam mengasah keterampilan pemrograman tanpa merasa pusing. Pada akhir setiap pelajaran Anda juga bisa memainkan mini game untuk melepaskan stres, dan membuat Anda akan lebih lama bermain-main dengan program.

4. Code Racer
.
Jika program kuliah tampak agak lambat, pertimbangkan Kode Racer, sebuah "multi-player coding game." Pemula dapat belajar untuk membangun sebuah website menggunakan HTML dan CSS, sedangkan yang lebih berpengalaman dapat menguji kemahiran koding.

5. Computer Clubhouse
.
Computer Clubhouse, bekerja untuk membantu anak-anak muda untuk belajar mengekspresikan diri secara kreatif dengan teknologi baru.

6. Code School
.
Code School menawarkan kursus online dalam berbagai bahasa pemrograman, desain dan alat-alat web. Ini adalah situs web berkualitas tingkat lanjut yang harus Anda coba. Tidak seperti kebanyakan situs pembelajaran interaktif lainnya, Code School menawarkan program yang lebih mendalam untuk melatih dan mengubah Anda menjadi seorang yang ahli dengan praktek-praktek terbaik di industri digital.

7. Treehouse
.
Treehouse (situs induk dari Kode racer) menyediakan kursus video online dan latihan untuk membantu Anda belajar keterampilan teknologi. Treehouse lebih berorientasi pada project daripada bahasa pemrograman, sehingga sangat sempurna untuk programmer pemula dengan tujuan yang direncanakan, seperti membangun sebuah website, atau aplikasi. Sebagai contoh, bagaimana membangun sebuah situs web responsif, website interaktif atau bahkan tema Wordpress - cara yang sangat praktis dan efisien untuk menguasai bahasa terkait. Meskipun demikian, mereka telah merilis sejumlah besar program dasar dengan pendekatan video dan kuis.

8.  CodeHS 

Pada umumnya semua situs web yang Anda baca di sini didedikasikan terutama untuk pengembangan web dan ilmu komputer, tetapi di CodeHS Anda akan belajar pemrograman permainan sederhana dan menyenangkan yang melibatkan pemecahan masalah, JavaScript, animasi, struktur data, desain game dan tantangan puzzle.

9. Khan Academy

Meskipun program Khan Academy tidak terstruktur seperti situs lainnya, namun berfungsi sebagai taman bermain terbuka bagi pemula dan amatir terutama yang tertarik untuk belajar menggambar animasi dan interaksi pengguna dengan koding. Disini tidak membahas bahasa pemrograman tertentu, tetapi pola kode di Khan Akademy dapat diadopsi mengadopsi dan diterapkan di mana saja, untuk berbagi pola bahasa pemrograman yang sama.

10. General Assembly

General Assembly menawarkan berbagai kursus coding di kampusnya di seluruh dunia. Selain itu, General Assembly juga memiliki platform online yang gratis, mengajarkan HTML, CSS dan Javascript dengan antarmuka sederhana yang dapat dengan mudah diakses dari browser Anda.

0 Response to "10 Situs Terbaik Untuk Belajar Koding Pemrograman Online"

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...